Twitter

BAHAYA DEHIDRASI

Author Unknown - -
Home » BAHAYA DEHIDRASI

Bahaya Dehidrasi

Anda merasa lelah, lesu dan sedikit pusing. Mata terasa panas dan iritasi. Hati-hati! Anda mengalami gejala dehidrasi ringan, sebuah kondisi yang sangat mudah untuk dicegah dan diobati, namun apabila tidak ditangani dapat mengakibatkan sakit parah dan bahkan kematian. Dehidrasi dapat disebabkan oleh diare, muntah – muntah dan heatstroke, namun penyebab paling umum? Kurang minum air putih. Mungkin terdengar sepele, tetapi kebanyakan orang mengabaikan pentingnya meminum air sesuai anjuran yaitu 8 gelas per hari – apabila berolahraga atau berpanasan, dianjurkan minum lebih dari 8 gelas. Disaat anda merasa sedikit haus, anda sudah mengalami sedikit dehidrasi dan tentunya tidak lama sebelum gejala lebih serius muncul apabila anda tidak segera menanganinya.

Saat anda mengalami dehidrasi 2%, anda akan mulai merasa lelah dan lemas. Mulut terasa kering, kulit mengering dan memerah. Anda mulai kehilangan selera makan dan mulai merasa meriang. Air seni anda akan mengeruh karena mengandung darah dan racun. Tindakan untuk mencegah memburuknya dehidrasi anda harus segera dilakukan. Istirahatlah dan minumlah banyak-banyak air putih untuk menggantikan cairan yang terbuang.


Bila anda tidak melakukan pencegahan, dehidrasi anda akan memburuk. Pada dehidrasi 5%, seseorang akan merasakan jantungnya berdetak lebih cepat dan bernapas lebih berat. Tubuh akan memanas dan bertambah lelah. Terkadang penderita akan merasakan kram otot dan kesemutan di kaki dan tangan. Untuk mencegah memburuknya keadaan, cairan yang mengandung elektrolit harus segerea dikonsumsi, namun sedikit demi sedikit agar tubuh tidak kaget. Antibiotik untuk menurunkan panas juga dapat diminum.


Pada dehidrasi 10%, pertolongan medis darurat harus segera diberikan. Saat anda menunjukkan gejala kejang otot, muntah-muntah, sakit di dada dan perut, anda sedang mengalami dehidrasi berat. Anda akan merasakan susah bernapas dan kebingungan; terkadang berlanjut dengan kejang-kejang dan pingsan. Penderita dehidrasi berat tidak dapat dirawat di rumah. Pasien harus diobati di rumah sakit dan diberikan hidrasi melalui infus. Bila tindakan tidak segera dilakukan, dapat berakibat kematian.

Bahaya dehidrasi sangatlah nyata dan merupakan sesuatu yang anda harus sadari. Kita harus sadar apabila sedang mengalami gejala dehidrasi ringan sekalipin dan melakukan tindakan untuk mengobati. Tentunya lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jadi sebelum terlambat, pastikan cairan tubuh anda cukup dengan meminum banyak air putih.